Kamis, 18 April 2013

Resume Jurnal “A Maritime Response To The Crisis in Area Studies”


Resume Jurnal “A Maritime Response To The Crisis in Area Studies”
Oleh Martin W. Lewis dan Karen Wagen

Posted by Aris Dwi Rahmanto

   Martin W. Lewis adalah seorang dosen dalam sejarah internasional dan direktur interim program Hubungan Internasional di Universitas Stanford. Dia lulus dari UC Santa Cruz dengan gelar di Studi Lingkungan pada tahun 1979, dan menerima gelar Ph.D. dari UC Berkeley dalam geografi tahun 1987.
Hal yang menyedihkan bahawa di setaip daerah sedikit sekali orang yang ahli dalam ilmu geografi, munkin hampir tidak ada. Pada pertemuan mengenani studi wilayah terdapat 12 ilmu studi yang hadir, namun 1 studi yang tidak ada yaitu geografi. Daerah yang menjadi objek kajian jurnal ini adalah daerah Asia tenggara,Selatan, dan tengah.

    The Ford Foundation merupakan sebuah instansi yang berperan cukup penting sebagai sumber pendanaan untuk memfasilitasi pelatihan berbahasa yang ada di daerah. Harapan besar dari instansi ini untuk merevitalisasi studi kawasan agar setiap daerah tidak terlalu jauh terikut arus globalisasi khususnya daerah Asia. 

    Dalam permasalahan ini para peneliti mulai menggunakan cara cara yang baik untuk merevitalisasi daerah itu sendiri. Pentingnya keilmuan geografi sangat penting karena dengan adanya orang yang ahli geografi-ocean dapat mengetahui apa yang terdapat di dalam laut. Proyek yang dicanangkan oleh Ford Foundation merupakan langkah untuk memacu para peneliti untuk lebih menggali mengenai geografi kelautan. sehingga setiap daerah dapat menikmati hasil alam atau kekayaan daerah untuk dinikmati.

Sumber :
http://www.academicroom.com/users/martin-lewis
W. Lewis, Martin dan Karen Wagen. 1999. A Maritime Response To The Crisis in Area Studies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar